Nama          : subhan jayani

E_mail        : subhan_jayani@yahoo.com

Alamat       : sumbawa

Agama        : islam

pekerjaan  : mahasiswa

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Lulusan merupakan salah satu output langsung dari proses pendidikan yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Lulusan ini harus memiliki kompetensi akademik maupun soft skills sebagaimana dinyatakan oleh sasaran mutu serta dibuktikan oleh kinerja lulusan di masyarakat sesuai dengan profesinya. Perguruan tinggi berperan penting dalam melakukan analisis data akademik seluruh program studi yang menggambarkan kinerja perguruan tinggi secara keseluruhan untuk menilai karakteristik, profil dan pemetaan lulusan. Perguruan tinggi harus berupaya membantu lulusan mendapat pekerjaan dan meningkatkan interaksi antara lulusan dan institusi.

Perguruan tinggi harus mempunyai mekanisme yang menjamin pemanfaatan hasil evaluasi dan pelacakan lulusan di tingkat institusi untuk pengembangan jurusan/program studi.

Spesifikasi Alumni UMM

Lulusan Universitas Muhammadiyah Malang dapat berkehidupan yang Islami dan beruswah khasanah, sehingga mampu :

Merancang dan mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang keilmuan yang ditekuni.

Memiliki kreatifitas dan integritas ilmiah.

Memiliki kemampuan mengkaji dan memecahkan masalah di bidang keilmuan saat ini dan yang akan datang dengan dukungan IPTEKS.

Forum komunikasi Alumni

Forum komunikasi alumni difasilitasi oleh universitas maupun fakultas untuk sharing antara UMM dengan para alumni. Forum ini dilangsungkan secara informal maupun melalui pertemuan formal, terutama pada saat lokakarya untuk mencari masukan dari para alumni dan stakeholders eksternal.

Temu Alumni

Hampir seluruh fakultas telah mengadakan temu alumni.  Universitas sendiri mengagendakan temu alumni akbar pada saat-saat tertentu.  Melalui temu alumni, pembnaan dan komunikasi akan terjalin baik.  Selain itu juga dapat digunakan sebagai sarana temu bisnis dan bursa kerja.

Organisasi Alumni

Untuk mewadahi keberadaan alumni, UMM memfasilitasi pembentukan organisasi alumni.Selama ini, organisasi alumni masih terbatas pada organisasi alumni di tingkat fakultas masing – masing. Organisasi yang lebih tinggi, yaitu level universitas masih dalam tahap pembentukan.

Alumni UMM yang jumlahnya sudah mencapai 52.165 orang (data September 2008), tersebar di mana-mana dengan pekerjaan yang sangat beragam.  Pengorganisasian alumni memberi peluang UMM untuk menjamin soliditas dan menjamin lapagan pekerjaan bagi lulusan baru.

Re-edukasi Alumni

Kegiatan homecoming bagi alumni juga dilakukan oleh UMM.  Homecoming ini diadakan guna melakukan komunikasi dan sekaligus mengadakan re-edukasi bagi para alumni yang belum memperoleh pekerjaan.

Dalam re-edukasi, alumni akan dididik kembali dengan dibekali pengetahuan baru yang sesuai bidangnya dan beberapa materi tentang manajemen, kepeminpinan maupun kepribadian. Pemateri re-edukasi sebagian besar diambilkan dari tenaga dosen UMM sendiri dan ditambah pemateri dari luar, khususnya para profesional di bidang masing-masing.

Melalui re-edukasi diharapkan alumni UMM mempunyai nilai lebih dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Re-edukasi dilakukan secara reguler dan dikoordinir bagian alumni UMM.

Pembinaan Alumni

Untuk menjamin kualitas alumni agar sesuai kebutuhan stakeholders, UMM berupaya melakukan pembinaan terhadap alumni.  Bentuk pembinaan yang dilakukan antara lain:

> pembekalan alumni

> pemagangan alumni

> re-edukasi

> pelatihan-pelatihan, dan lain-lain.

Hampir semua aktivitas pembinaan difasilitasi langsung oleh fakultas dan sebagian oleh universitas melalui bagian alumni UMM. Pembinaan alumni dilakukan setiap saat, baik berdasar permintaan alumni maupun sesuai program kerja kemahasiswaan UMM.